Agustus 2014 kemarin Google sudah mengumumkan bahwa penggunaan https
akan memberikan peningkatan tipis pada ranking, karena ini sudah
digolongkan sebagai faktor SEO minor. Jadi agak menarik membahas sedikit
masalah http dan https ini di sini. Seberapa penting bagi anda memakai
https ini....
Terlepas dari anda memilih yang mana anda harus mengetahui bahwa faktor
enkripsi yang baik dan pihak ketiga yang terpercaya jauh lebih menarik
bagi banyak orang. Jadi Google jelas akan lebih memilih untuk mendorong
penggunaan https demi keamanan penggunanya.
Jadi ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa perbedaan antara http dan https untuk SEO ini.
HTTP (HyperText Transfer Protocol)
Ini adalah sebuah sistem yang mengirim dan menerima informasi melalui
internet. HTTP adalah sebuah lapisan protokol yang berfokus pada
bagaimana sebuah informasi ditampilkan pada pengguna. Hanya saja opsi
ini kurang memperdulikan bagaimana caranya hingga suatu data bisa sampai
ke pengguna.
Protokol ini tidak mencoba untuk mengingat sesi web sebelumnya. Ini
membuat data yang harus dikirim menjadi lebih sedikit, dan artinya anda
mendapatkan sedikit keunggulan pada kecepatan transfer.
HTTP ini cukup bisa diandalkan jika website anda hanya berisi informasi
umum yang sama sekali tidak mempunyai nilai komersil. Sangat tidak
direkomendasikan memakai http jika anda membuat website yang mengirimkan
data yang seharusnya dirahasiakan seperti informasi kartu kredit, dan
sebagainya.
HTTPS (Secure HyperText Transfer Protocol)
HTTPS dikembangkan untuk memungkinkan transaksi yang aman dan memerlukan
otorisasi. Bertukaran informasi yang rahasia sangat memerlukan keamanan
untuk mencegah akses dari pihak luar. HTTPS memungkinkan hal ini untuk
dilakukan. Pada dasarnya HTTPS cukup mirip dengan HTTP dalam hal
protokol dasarnya. Sisi klien dari http atau https seperti web browser
mengadakan koneksi ke sebuah server pada port standar.
Hanya saja https menawarkan lapisan keamanan tambahan karena https
menggunakan SSL untuk mentransfer data. Jadi untuk tujuan penggunaannya,
pada dasarnya https adalah http juga; tapi ini adalah versi yang lebih
aman. Secara teknisnya https memakai TCP port 443 (by default) sehingga
https dan http adalah dua komunikasi yang terpisah.
HTTPS bekerja dalam penghubung dengan protokol lain, secure sockets
layer (SSL), untuk memindahkan data dengan aman. Dan inilah yang sangat
dipedulikan oleh Google. Jadi https memang lebih kepada masalah keamanan
transfer data.
Apa pendapat Google Tentang HTTPS?
Pada dasarnya kita sudah bisa menebak bahwa Google lebih menyukai
website yang bisa dipercaya dan disertifikasi. Ini karena pengguna bisa
mendapat jaminan bahwa situs akan mengenkripsi data mereka untuk
keamanan ekstra mereka. Hal inilah yang memungkinkan website dengan
https mendapatkan keuntungan untuk ranking yang lebih baik.
Jika anda ingin membaca langsung dari blog Google silahkan membaca di link HTTPS AS A RANKING SIGNAL.
Google memberi kesan bahwa mereka memberi waktu kepada pemilik web untuk
beralih ke https, dan makin lama akan semakin memperkuat posisi dari
https ini dalam sistem ranking mereka. Saya bisa menerjemahkan untuk
anda beberapa saran yang diberikan oleh Google dalam pengalihan website
anda ke https di bawah ini:
- Pilih jenis sertifikat yang anda butuhkan apakah: single, multi-domain, atau wildcard certificate
- Gunakan serifikat 2048-bit key
- Gunakan URL relatif untuk sumberdaya yang ada dalam domain aman yang sama.
- Gunakan protokol URL relatif untuk domain-domain lainnya
- Baca panduan Google untuk perubahan URL.
- Pastikan robots.txt tidak memblokir domain https anda.
- Google webmaster tool saat ini sudah bisa menangani https dengan baik.
- Lacak peralihan website anda dari http ke https di software analytics anda dan juga di Google Webmaster Tools.
Keuntungan SEO beralih ke HTTPS.
Tentunya peralihan ke https ini akan membuat anda mempunyai website berkalitaus
di sisi keamanan enkripsi transfer datanya. Tapi kalau bicara masalah
SEO maka jelas keuntungannya jelas dalam hal ranking. Sebagaimana sudah
dinyatakan oleh Google bahwa ini adalah salah satu faktor ranking minor
yang bisa menaikkan sedikit ranking. Cukup banyak website blogger
indonesia yang beralih ke https mendapatkan posisi yang sangat kuat di
dalam hasil-hasil pencarian.
Peringkat juga relatif sangat stabil untuk waktu yang sangat lama. Tapi
tentu saja ini harus dipandang sebagai efek dari semua faktor, karena
SEO itu meliputi banyak faktor dan tidak bisa mengandalkan https saja.
Jadi apakah trikmudahseo akan beralih ke https? Rasanya tidak, karena
tetap saja blog ini hanya blog sharing saja. Tapi blog yang saya
monetisasi semuanya tentunya memakai https. Sayangnya semua blog
komersil harus memakai persona, karena kalau diumumkan suka "dikerjai"
sama orang-orang yang ngak senang lihat orang senang .... ^_^
Jadi saya juga sekarang bisa mulai merekomendasikan kepada anda untuk bersiap-siap beralih ke https.
0 comments:
Post a Comment