Pada dasarnya saat anda melakukan optimasi SEO
anda sebenarnya sedang berusaha mengalahkan pemilik-pemilik web yang
sedang merajai halaman pertama di Google. Banyak orang yang berpikir
yang sudah melakukan apa yang diperlukan namun belum berhasil juga.
Akhirnya mereka berhenti melakukan SEO karena merasa tidak mendapatkan
hasil yang diinginkan. Inilah akibat jika kita tidak mengetahui apa yang
diperlukan dan berhenti sebelum waktunya; atau memulai sesuatu yang
sebenarnya tidak bisa kita selesaikan.
Yang perlu anda ketahui di sini adalah SEO itu merupakan keseimbangan antara SEO offpage dan SEO onpage (khususnya untuk Google). Siapa yang bisa melakukan onpage dan offpage dengan berimbang akan relatif cepat melihat hasil.
Tapi tentunya anda harus mengetahui seberapa baik pesaing anda melakukan
ini, jadi setidaknya anda harus mengamati beberapa hal di bawah ini:
- Apakah title tag dari pesaing sudah memuat kata kunci?
- Apakah kata kunci sudah cukup tersebar di dalam halaman pesaing tersebut dengan kerapatan 3%-5%?
- Apakah jumlah kata di halaman pesaing tersebut lebih dari 900 kata?
- Apakah pesaing kita rutin update?
- Apakah memang pesaing kita rutin melakukan update?
- Apakah memuat media seperti gambar; dan video?
- Apakah backlinknya cukup banyak?
- Apakah kata kunci pada backlinknya beragam?
- Apakah banyak dofollow?
9 Poin di atas biasanya menjadi penyebab utama sebuah website sulit untuk dikalahkan....
Jadi anda harus memilih apakah anda mau melakukan optimasi anda berat di onpage; atau berat di offpage; atau berimbang.
Bermain SEO di Onpage
Biasanya mereka yang KO di offpage berusaha melakukan optimasi SEOnya di
Onpage. Tetapi adalah sebuah kesalahan jika kita terus mengutak-atik
satu halaman dan berharap rankingnya naik. Tentu jika saat ini onpage
belum beres lalu kita melakukan perbaikan, maka pastilah akan terjadi
perbaikan ranking. Tapi perbaikan onpage ada batasnya dan tidak bisa
mengutak-atik satu halaman saja terus.
Cara terbaik untuk bermain onpage adalah dengan mendapatkan backlink dofollow dari setidaknya 20 domain dan setelah itu coba membuat konten atau update artikel yang banyak.
Anggap saja pesaing anda mempunyai backlink dofollow dari 250-an domain
dan 200-an artikel; maka anda bisa mengalahkan website ini dengan
website yang hanya mempunyai 20-an domain backlink dofollow jika
mempunyai 1000 sampai 2000 artikel di blog anda. Semakin unik dan
bermutu artikel kita semakin sedikit yang diperlukan
Ini bukan nilai yang pasti; karena kondisi dari setiap web sangat
beragam; ada terlalu banyak variabel untuk mengklaim jumlah yang pasti.
Pada akhirnya saat anda harus membuat 1000 artikel dan itu tetap saja
memerlukan waktu yang lama. Anggaplah anda bisa mengetik 2 artikel per
hari, maka anda akan membutuhkan 500 hari dan itu lebih dari setahun.
Jika anda bisa mengetik 10 artikel per hari, maka anda akan memerlukan
waktu 100 hari atau 3 bulan lebih.....
Laju update yang sangat cepat memang bisa mempengaruhi ranking di
Google. Teknik ini bisa membantu anda untuk lebih cepat berhasil di
dalam SEO yang anda lakukan
Bermain SEO di Offpage
Lalu bagaimana jika anda mempunyai web yang hanya mempunyai sedikit
halaman, pada saat kompetitor anda mempunyai banyak sekali halaman?
Otomatis anda memerlukan backlink yang lebih banyak dari pesaing anda.
Nah kasus di sini adalah kebalikan dari yang pertama.....
Jika anda hanya mempunyai artikel sedikit; maka anda harus sanggup mencari backlink berkualitas
yang banyak. Anggaplah pesaingnya tetap dengan 250-an nama domain dan
200-an artikel. Jika anda hanya mempunyai 20 artikel; maka anda bisa
saja dituntut mencari backlink dari 600-700 nama domain.
Anggap saja anda bisa mendapatkan backlink
dari 10 nama domain per hari; maka anda perlu waktu 2 bulan lebih; dan
efeknya baru akan terlihat dalam 2 bulan berikutnya..... jadi total
waktu untuk prosesnya adalah sekitar 4 bulan.
Tapi mencari website yang dofollow yang bisa dikomentari itu ternyata
bukan hal mudah bagi pemula. Banyak yang lebih memilih untuk mengetik 10
artikel per hari daripada mencari 10 domain yang dofollow. Memang
relatif sulit untuk berhasil mengejar tujuan anda dengan mengandalkan
optimasi SEO offpage (khususnya bagi pemula).
Bermain SEO yang berimbang
Buat yang tidak sanggup membuat 1000 artikel atau mencari backlink dari
700an nama domain; bisa mencoba mengambil jalan tengahnya; yaitu dengan
mencari backlink dari 200-an nama domain dan membuat 200-an artikel. Ini
adalah teknik SEO yang cukup berimbang.
Catat ya bahwa angka-angka di atas
hanyalah contoh kasus; supaya teman-teman bisa punya gambaran untuk
perbandingan. Yang pasti angka-angka untuk optimasi yang teman-teman
lakukan adalah bergantung pada pesaing dari web anda....
Yang celaka adalah kalau anda ketemu dengan website yang punya backlink
dari ribuan nama domain; dan juga puluhan ribu artikel unik (biasanya
ini website besar). Itu berarti anda harus siap berperang
habis-habisan.... dan langkah perang anda sebaiknya dimulai dengan
menargetkan LONG TAIL KEYWORDS sebanyak-banyaknya dan mencari backlink.
Tapi yakin saja; SEO seperti ini bisa mendatangkan puluhan hingga
ratusan juta per bulan jika anda memenangkannya. Tapi jangan cuma tahu
mimpi ya; kerja dan berani investasi itu penting. Kalau cuma mau
mengetik 100-200 artikel dengan budget optimasi di bawah 1 juta; lebih
baik cari niche lain yang sesuai dengan kondisi anda. Masa iya mimpi
mengalahkan website raksasa dengan modal dengkul? (^_^) .... Realistis
itu lebih sehat daripada mimpi percuma dan buang waktu plus duit untuk
sesuatu yang di luar jangkauan.
Btw; catat juga bahwa website yang ditujukan untuk e-commerce atau
jualan barang biasanya lebih cepat menghasilkan daripada website yang
mengandalkan ads atau iklan. Jadi kalau memang anda mempunyai produk
atau jasa yang bisa ditawarkan; maka itu jelas lebih cepat anda dapatkan
daripada mengharapkan klik iklan (khususnya di indonesia yang malas
mengklik iklan)....
Bagaimana dengan AGC?
Tentu anda bisa melakukan penambahan artikel yang cepat dengan AGC; Anda
bisa mendapatkan puluhan ribu pengunjung hanya dalam sebulan atau dua
bulan. Hanya saja anda harus tahu bahwa ini adalah teknik yang tidak
disukai oleh Google; jadi teknik ini bisa anda pakai untuk tujuan jangka
pendek. Itu juga kalau algoritma Google tidak semakin kompleks. Suatu
saat nanti teknik AGC pasti akan mati; jadi apakah anda sudah mempunyai
web yang cukup sehat saat algoritma itu muncul.... Btw; ada cukup banyak
website AGC yang mati sebulan terakhir ini.....belum tahu kenapa....
0 comments:
Post a Comment